Monday, October 27, 2014

Sitem Bilangan | Sistem Komputer

SISTEM BILANGAN

1. PENGERTIAN

           Definisi sistem bilangan (Number System) adalah suatu cara untuk mewakili besaran dari suatu item fisik. Sistem bilangan menggunakan basis (base/radix) tertentu yang tergantung dari jumlah bilangan yang digunakan.
          Dalam kehidupan sehari-hari, bilangan yang kita pergunakan untuk menghitung ada bilangan yang berbasis 10 atau disebut Sistem Desimal. Setiap tempat penulisan dapat terdiri dari simbol-simbol 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, Susunan penulisan bilangan menunjukan harga atau nilai tempat dari bilangan tersebut misalnya, satuan, puluhan, ratusan dst. Tempat penulisan semakin kekiri menunjukan harga atau nilai tempat bilangan yang semakin tinggi. Dalam teknik digital maupun teknik mikroprosesor pada umumnya bilangan yang dipakai adalah bilagan yang berbasis 2 atau sistem biner. Dalam sistem biner disetiap tempat penulisan hanya mungkin menggunakan simbol 0, atau simbol 1, sedangkan nilai tempat bilangan tersususn seperti pada sisitem desimal. Di bawah ini adalah bilangan 1001 dalam beberapa bentuk sistem bilangan.

Beberapa sistem bilangan

2. JENIS SISTEM BILANGAN

       Jenis Sistem bilangan terbagi menjadi 4 bilangan yaitu :

    1. Sistem Desimal(Dinari)

        Pada sistem desimal (lat. decum = 10), seperti telah kita ketahui bersama bahwa sistem ini berbasis 10 dan mempunyai 10 simbol yaitu dari angka 0 hingga 9. Setiap tempat mempunyai nilai kelipatan dari, dst. Penulisan bilangan terbagi dalam beberapa tempat dan banyaknya tempat tergantung dari besarnya bilangan. Setiap tempat mempunyai besaran tertentu yang harga masing-masing tempat secara urut dimulai dari kanan.
 


 

sampai disini dulu gan mau istirahat dulu :), semoga bermanfaat dari post Sitem Bilangan ini @@
jika tidak ada yang mengerti dikomen gan/sis :)



0 comments:

Post a Comment